Post Terbaru

Monday, June 15, 2015

Cara Membuat Virtual Ram / Ram Tambahan Melalui FlashDisk.

Menggunakan Flashdisk Sebagai RAM
Komputer memang sangat membutuhkan peranan dari RAM atau Random Access Memory yaitu memori yang berguna untuk mengalokasikan banyaknya memori yang akan digunakan oleh aplikasi yang berjalan di computer. Jika kamu menggunakan komputer dengan RAM kapasitas kecil pasti akan merasakan kinerja yang lambat dalam menggunakan software atau aplikasi.

Nah, sekarang ada cara lain untuk menambah RAM kamu dengan menggunakan fitur ReadyBoost yang terdapat pada Windows 7 dan Vista. Bagi yang pengguna Windows 8 saya belum tahu apakah ada fitur ini atau tidak.

Dengan ReadyBoost kamu tidak perlu lagi membeli RAM dengan harga mahal tetapi kamu bisa menggunakan Flashdisk kamu sebagai penggantinya serta cara penggunaan terbilang cukup mudah hanya dengan menghubungkan flashdisk dengan komputer kamu lalu aktifkan Ready Boost.

Perlu kamu ketahui tidak semua Flashdisk bisa support ReadyBoost yang dapat digunakan yaitu :
  1. Untuk Flashdisk yang digunakan sebaiknya yang memang sudah direkomendasikan untuk readyboost seperti SanDisk Cruzer, Verbatim Store n Go, Edge DiskGo, Corsair Flash Voyager, Lexar Lighting, Transcend JetFlash dan Crucial Gizmo.
  2. Terdapat ruang kosong minimal 250MB
  3. Mempunyai kemampuan melakukan write 1.75 Mb/s dan read 2.5 Mb/s.
  4. Waktu akses data cepat sekitar 1 mili detik atau lebih cepat lagi.
Jika tidak memenuhi kreteria diatas bisa - bisa Flashdisk tersebut tidak kuat, maka bisa mengakibatkan kerusakan. Tapi tenang saja rata - rata Flashdisk sekarang sudah bisa kok digunakan sebagai ReadyBoost

Berikut cara menambah RAM menggunakan Flashdisk di Windows:
1. Langkah pertama, siapkan flashdisk yang akan digunakan sebagai RAM virtual. Kemudian colokkan ke computer seperti biasa.
2. Tunggu hingga computer kamu mendeteksi flashdisk. Setelah itu buka windows explorer, klik kanan pada device flashdisk pilih properties. 
Menambahkan RAM Menggunakan Flashdisk
3. Pada jendela Properties, kemudian pilh ReadyBoost. Nah di sana terdapat 3 opsi yang dapat kamu pilih, yaitu :
  • Do not use this device adalah opsi jika kamu sudah tidak mau lagi menggunakan USB tersebut sebagai virtual RAM
  • Dedicate this device to ReadyBoost jika kamu ingin menggunakan semua ruang yang tersisa dalam USB flashdisk
  • Use this device pilihan ini jika kamu ingin menggunakan sebagian dari USB flashdisk sebagai memory tambahan dan ingin menggunakan sebagiannya untuk keperluan lain, maka kamu bisa pilih Use this device, dan bisa mengatur pada slider berapa yang anda ingin gunakan.
Pilihan ReadyBoost
4. Kemudian Apply Dan Ok tunggu sampai ReadyBoost bekerja.
5. Sekarang kamu sudah mendapatkan tambahan RAM menggunakan Flashdisk.

Catatan : 
  1. Flashdisk harus kosong atau ada ruang tersedia, apabila ada data didalamnya biasanya file tersebut tidak bisa digunakan.
  2. Gunakan flashdisk dengan kapasitas minimal 255 MB dan maksimal 4GB. jika kamu menggunakan lebih dari itu makan hasilnya tetap sama hanya bisa digunakan sampai 4GB.
  3. Jangan mencabut flashdisk atau menggunakan flashdisk jika flashdisk sedang digunakan sebagai RAM virtual atau ReadyBoost.
  4. Usahakan saat ingin menggunakan ReadyBoost yang sudah terdapat di flashdisk kalian ke esokan harinya menggunakan plug yang sama saat menginstal ReadyBoost.
  5. Nanti di flashdisk kamu terdapat satu data program dan jangan di hapus, itu merupakan hasil dari ReadyBoost.
Pertanyaan yang sering diajukan :
Q : Apa Flashdisk yang sudah dibuat menjadi ReadyBoost masih dapat untuk menyimpan data ?
A : Apabila size Fashdisk kamu masih cukup lebih dari 4GB atau mengaturnya dipilihat seperti diatas tentu saja bisa

Q : Kenapa ReadyBoost tidak terdeteksi di OS atau DxDiag ?
A : memang tidak terdeteksi, namun kamu bisa merasakan kelebihannya sendiri

No comments:

Post a Comment

Adbox